-->

Tak Banyak Yang Tahu, Aktor Besar Hollywood Ini Orang Indonesia, Jackie Chan Aja Kalah!

Tak Banyak Yang Tahu, Aktor Besar Hollywood Ini Orang Indonesia, Jackie Chan Aja Kalah!
Tak Banyak Yang Tahu, Aktor Besar Hollywood Ini Orang Indonesia, Jackie Chan Aja Kalah!



Aktor-aktor Indonesia sudah mulai dilirik oleh industri film internasional. Sebut saja dua nama paling populer saat ini, Iko Uwais dan Joe Taslim, keduanya melambung usai turut membintangi film Hollywood. Tak hanya sekedar setor tampang, akting mereka juga menuai pujian.
Namun, siapa menduga jauh sebelum keduanya ada aktor kelahiran Indonesia yang sudah lebih dahulu sukses di Hollywood. Aktor kelahiran Pematangsiantar ini bernama Lo Lieh.


Sumber: brilio.net
Saat remaja, orantuanya mengirim Lo Lieh ke Hongkong untuk mengikuti sekolah akting dan latihan beladiri. Sejak saat itulah kehidupan Lo Lieh berubah, Ia menjelma menjadi aktor laga film Hongkong dan membintangi beberapa film ternama seperti Tiger Boy, Golden Swallow, dan Twelve Deadly Coins. Pada awal kariernya Lo Lieh banyak bermain sebagai karakter protagonis.


Referensi pihak ketiga
Kemudian pada tahun 1972, Lo Lieh kembali membintangi beberapa film, seperti King Boxer atau Five Fingers of Death. Film ini dirilis oleh Warner Bros di tahun berikutnya dan memunculkan wabah film kungfu di Amerika Utara. Film ini juga menjadi inspirasi bagi sutradara kawakan Quentin Tarantino untuk menciptakan film Kill Bill. Quentin Tarantino sendiri menempatkan King Boxer di urutan ke 11 sebagai film favoritnya sepanjang masa.


Sumber: brilio.net
Lo Lieh wafat pada tahun 2002 karena serangan jantung. Sepanjang kariernya, ia tercatat sudah membintangi lebih dari 200 judul film dan serial televisi, baik sebagai aktor utama atau aktor pendukung, jumlah film yang dibintanginya bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan Jackie Chan. Hal ini membuat ia dianggap sebagai salah satu legenda dalam dunia perfilman Hong Kong.

Sumber
Advertisement